Koordinasi Dinas Perikanan Dan Peternakan Kabupaten Purwakarta Dengan Perusahaan Peternakan dan Olahan Asal Ternak
  • 05
  • Desember

Koordinasi Dinas Perikanan Dan Peternakan Kabupaten Purwakarta Dengan Perusahaan Peternakan dan Olahan Asal Ternak

  • Oleh Admin
  • Lainnya
  • Senin, 05 Desember 2022
  • 0

Kamis, 16 Januari 2020. Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta mengadakaan pertemuan dengan perusahaan di bidang peternakan yang ada di wilayah Kabupaten Purwakarta. Pertemuan tersebut bertujuan untuk koordinasi anatara Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarata dengan perusahaan peternakan dan olahan asal ternak semua komoditas, pertemuan di hadiri oleh 12 perusahaan yaitu PT. Japfa Comfeed Indonesia, PT. Malindo Feedmill, PT. Charoen Pokhpan, PT. Agrobis Panca Ekatama, PT. Surya Tegal Sari, PT. Unggas Lestari Unggul, PT. lembu Jantan Perkasa, PT. Ciomas Adisatwa, PT. Dunia Daging Food Industries, PT. Indonesia Simon, PT. Bounty, PT. Suritani. Melalui pertemuan koordinasi tersebut pihak Dinas Perikanan dan Peternakan yang diwakili oleh Kepala Bidang Peternakan Ir. Idat Hidayat, M.Si dan Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Robert Hutapea, S.E, M.Si menyampaikan pelayanan apa saja yang ada di Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta.

Pelayanan Di Bidang Peternakan di bagi kedalam tiga Seksi. Pertama seksi Bina Usaha meliputi Tanda Daftar Peternakan (TDP), Komitmen Ijin Usaha / Ijin Prinsip Teknis, Rekomendasi Pemasukan dan Pengeluaran ternak atau produk asal ternak, dan saksi cutting/afkir, kedua seksi Perbibitan melakukan pelayanan DOC, dan ketiga seksi pakan melakukan pelayanan pengawasan mutu pakan. Sementara di Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner pelayanan terhadap perusahaan peternakan berupa Penerbitan Surat Keterangan Kesehatan Hewan, Surat Keterangan Pangan Asal Hewan, Rekomendasi Teknis Kesehatan Hewan, Rekomendasi Instalasi Karantina Hewan, Rekomendasi Pemasukan Bahan Pakan Asal Hewan, pengawasan penggunaan dan peredaran obat hewan, pembinaan kompartemen AI dan pengamatan Penyakit Unggas serta pembinaan kepada perusahaan. Selain pemaparan mengenai pelayanan yang ada di Dinas Perikanan dan Peternakan Purwakarta pertemuan ini juga sekaligus perkenalan Bapak Ir. Budhi Supriyadi, M.M yang dilantik tanggal 29 November 2019 sebagai Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta.

Koordinasi kali ini menitik beratkan mengenai Standar Operasional Prosedur setiap pelayanan yang dilaksanakan oleh pihak dinas, yang harus sesuai dengan pedoman dan aturan yang berlaku. Menurut kepala Dinas Perikanan dan Peternakan “Pelayanan yang diberikan haruslah pelayanan terbaik, cepat, praktis dan aman, tidak boleh ada yang menghambat namun sesuai prosedur dan aturan, kita aman perusahaan juga aman”. Selain itu Ir. Budhi Supriyadi, M.M juga mengajak pihak perusahaan untuk sama-sama mengevaluasi pelayanan terutama yang bersifat administrative agar lebih tertib.

“Perusahaan punya SOP, sama halnya dengan kami. Ada Prosedur yang harus dilaksanakan dan ditaati sebelum pelayanan penerbitan dokumen administrasi” tambah Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta. Ucapan terimakasih juga di sampaikan, bahwasannya dengan adanya perusahaan peternakan di wilayah Kabupaten Purwakarta dapat menyerap tenaga kerja dari lingkungan sekitar perusahaan, juga program CSR, terutama CSR dalam peningkatan gizi masyarakat Kabupaten Purwakarta.

“Mari kita bangun Purwakarta, kita bangaun perusahaan peternakan yang ada di Purwakarta” tutup kepala Dinas Perikanan dan Peternakan kabupaten Purwakarta.

 

Penulis,

Iif Chalifah

NRTHL. 1995110402006

Komentar